PENERIMAAN DIRI TERHADAP SISWA-SISWI SMP PLUS AL-QODIRI JEMBER
Abstract
Penelitian ini ditulis dengan maksud untuk mengetahui bagaimana kondisi penerimaan diri yang terjadi pada siswa SMP Plus Al-Qodiri Jember. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan hasil yang ditemukan bahwa terdapat 5 siswa (19%) dengan tingkat penerimaan diri rendah, 14 siswa (54%) dengan kategori sedang dan 7 siswa (27%) pada kategori tinggi. Penelitian ditujukan pada siswa kelas VIII dan diikuti oleh 26 siswa. Kondisi penerimaan diri tersebut dipengaruhi oleh lingkungan, tuntutan norma yang berlaku, dan pengalaman masa lalu yang dialami oleh masing-masing siswa. penerimaan diri pada siswa mampu ditingkatkan dengan bantuan layanan bimbingan dan konseling, seperti konseling kelompok dan pembentukan dukungan sosial yang baik. Penerimaan diri siswa mempengaruhi kehidupan remaja mereka seperti bagaimana cara mereka memandang individu sekitar mereka, cara mereka mengatasi masalah, dan juga bagaimana cara mereka membuat rencana cita-cita mereka.
Downloads

