EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY KARIR SISWA KELAS XII-SCI SMAN 1 KRIAN
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy karir pada siswa kelas XII-SCI SMAN 1 Krian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental one group pre-test post-test, serta analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistic non parametric yaitu uji wilcoxon. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan instrumen angket kuesioner guna mengukur tingkat self-efficacy karir peserta siswa kelas XII-SCI SMAN 1 Krian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 8 peserta didik kelas XII-SCI yang memiliki kecenderungan self-efficacy karir rendah. Pada penelitian ini terlihat perubahan peserta didik dari rata-rata peningkatan yang diperoleh sebelum dan sesudah mendapatkan treatment sebesar 20,25 poin. Berdasarkan pada hasil interpretasi uji wilcoxon dengan bantuan SPSS Statistics 26 For Windows diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,012 karena 0,012 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dengan demikian dapat diartikan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik problem solving efektif untuk meningkatkan self-efficacy karir pada siswa kelas XII-SCI SMAN 1 Krian.
Kata Kunci: self-efficacy karir, bimbingan kelompok, dan teknik problem solving.
Downloads

