THE IMPLEMENTATION OF COUNSELING REALITY TO HELP IMPROVING THE DISCIPLINE LEARN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan konseling kelompok realita untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMP Kemala Bayangkari I Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis eksperimen pre test-post test one group design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa yang memiliki disiplin belajar siswa rendah di kelas VII-E. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ρ = 0,016 lebih kecil daripada α = 0,05, jadi hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berbunyi “Ada perbedaan tingkat disiplin belajar siswa siswa di sekolah antara sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok realita ” dapat diterima. Dengan demikian dengan adanya peningkatan skor pada subyek penelitian dari pre-test ke post-test menunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok realita dapat meningkatkan disiplin belajar siswa di sekolah siswa
Kata kunci : Konseling Kelompok Realita , dan Disiplin belajar siswa Siswa di Sekolah
PDF Downloads: 44