Penerapan Konseling Kelompok Naratif Dengan Teknik Expressive Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi di SMP Negeri 2 Surabaya

  • Chyntia Sukma Hardiantri Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Tri Hariastuti Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

untuk mengetahui apakah teknik expressive writing dapat meningkatkan regulasi  emosi  pada  peserta  didik  kelas VIII  SMP Negeri 2 Surabaya. Desain penelitian menggunakan  penelitian pre-Experimental one-group pretest-posttest. Instrumen  pengumpulan  data  yang  digunakan  yaitu  skala  regulasi emosi, Uji  Validitas  instrumen  Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan sampel 10 orang peserta didik dari kelas VIII di SMP Negeri 2 Surabaya. Hasil penelitian  ini  menunjukan  bahwa teknik expressive writing dapat  meningkatkan  regulasi  emosi  peserta  didik.  Dibuktikan  dengan  skor  hasil  rata-rata pretest sebesar 110 dan meningkat menjadi 124

Kata kunci: Regulasiemosi, Penulisan Ekspresif

Published
2024-07-29
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0