EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF ANAK DI PANTI ASUHAN YA’UMA LIDAH KULON ASRAMA YATIM DAN DHUAFA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peningkatan konsep diri anak Panti Asuhan Ya‟uma Lidah
Kulon Asrama Yatim dan Dhuafa sesudah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan Teknik
diskusi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental one
group pretest postest. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik random
sampling, dengan subjek penelitian berjumlah 10 anak panti asuhan yang memiliki konsep diri kategori
rendah. Pengumpulan data menggunakan angket kuisioner dengan item pernyataan berjumlah 26 yang
terlebih dahulu telah di uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu statistik non
parametrik yaitu uji wilcoxon melalui SPSS. Dari hasil uji statistik non parametrik menggunakan SPSS
versi 24 dengan uji wilcoxon diperoleh nilai asymp sign (2-tailed) lebih kecil yaitu (0.012<0.05) yang
artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok Teknik
Diskusi Efektif Untuk Meningkatkan Konsep Diri Anak di Panti Asuhan Ya‟uma Lidah Kulon Asrama
Yatim dan Dhuafa. Peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi acuan untuk beberapa pihak. Bagi
penelitian selanjutnya ataupun pengasuh panti asuhan diharapkan menganggap penting jalinan komunikasi
yang efektif dengan anak-anak, agar mereka mempunyai panutan dalam menghadapi permasalahan dan
selalu menjaga keharmonisan di dalam panti asuhan sehingga terjaga rasa kekeluargaan yang erat diantara
sesama penghun panti asuhan, karena jika anak panti asuhan merasa nyaman dengan lingkungannya maka
konsep diri yang mereka miliki akan meningkat dan positif..
Kata Kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi, konsep diri, anak panti asuhan.
Downloads

