PENERAPAN KONSELING TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI ADIKSI GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK
Abstract
Game online awalnya diciptakan untuk hiburan, tetapi sering dimainkan secara berlebihan oleh remaja, menyebabkan ketergantungan yang berdampak buruk pada kesehatan dan produktivitas. Adiksi ini dapat diatasi dengan konseling individu menggunakan teknik self-management, yang meliputi tiga tahap: observasi diri, kontrak diri, dan stimulus kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan teknik tersebut dalam mengurangi adiksi game online pada peserta didik. Dengan pendekatan kuantitatif dan desain subjek tunggal (model A-B), lima siswa SMP dengan tingkat adiksi tinggi dijadikan subjek. Data dikumpulkan melalui angket perilaku adiksi game online serta table lembar monitoring durasi bermain, pengumpulan data dilakukan sebelum dan sesudah pemberian intervensi. Hasil menunjukkan penurunan durasi bermain setelah konseling, sehingga disimpulkan bahwa teknik self-management dapat mengurangi adiksi game online pada peserta didik.
Downloads

