PENERAPAN KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN FACEBOOK PADA SISWA KELAS VIII-C SMP NEGERI 2 NGANJUK

  • BENI TRIANTORO

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukannya kecanduan facebook pada siswa  kelas VIII-C SMPN 2 Nganjuk sebanyak 40 % melalui proses wawancara. Bentuk perilaku kecanduan facebook di kelas VIII-C SMPN 2 Nganjuk  yaitu suka menyendiri di dalam kelas dan asyik sendiri dengan ponsel yang mereka bawa, mengakses facebook tanpa menghiraukan pelajaran berlangsung, dan malas belajar. Tujuan penelitian ini untuk menguji penerapan konseling kelompok behavioral dengan teknik  self management dapat membantu  mengurangi kecanduan facebook pada siswa kelas VIII-C SMPN 2 Nganjuk. penelitian ini menggunakan penelitian pre experimental dengan pre-test and post-test one group design dengan rancangan satu kelompok subyek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan observasi untuk mengetahui tingkat kecanduan facebook. Subyek penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII-C SMPN 2 Nganjuk yang memiliki skor kecanduan facebook tinggi.

Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tanda. Hasil analisa penelitian menunjukkan bahwa N = 6 dan X = 0, maka diperolah r (kemungkinan harga dibawah Ho) = 0,016 lebih kecil dari α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa konseling kelompok behavioral dengan teknik self management dapat digunakan untuk mengurangi kecanduan facebook pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Nganjuk.

 

Kata kunci :          Konseling Kelompok Behavioral  dengan Teknik Self Management,  Kecanduan Facebook

Published
2014-01-21
Section
Articles