PENERAPAN STATEGI PENGUBAHAN POLA BERFIKIR UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI PADA SISWA KELAS VIII-D MTSN MOJOSARI

  • NOVITASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji strategi pengubahan pola berfikir untuk meningkatkan harga diri. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experiment design berupa one group pre test-post test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dengan 2 pilihan jawaban untuk mengetahui skor harga diri siswa. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa kelas VIII-D di MTSN Mojosari yang memiliki harga diri berkategori rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic non parametric dengan Uji Tanda.

Hasil analisis data menunjukkan tanda positif (+) berjumlah 5 yang bertindak sebagai N (banyaknya pasangan) dan x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) berjumlah 0. Dengan melihat tabel tes binominal dengan ketentuan N=5 dan x = 0, maka diperoleh kemungkinan ρ (kemungkinan harga di bawah Ho) = 0.031. Bila ketetapan α (taraf kesalahan) 5% adalah 0,05  maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,031 < 0,05  Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa ada perbedaan signifikan pada skor harga diri siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan  teknik strategi pengubahan pola berfikir.

 

Kata kunci : strategi pengubahan pola pikir, harga diri

Published
2014-01-21
Section
Articles