PEMBERIAN PENGHARGAAN BERUPA STIKER GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TK BINTANG SEMBILAN LAMONGAN

  • SITI HARDIANAH

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena perilaku disiplin yang rendah pada anak usia dini khususnya di TK Bintang Sembilan Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penanganan konselor dalam upaya meningkatkan perilaku disiplin pada anak usia dini di TK Bintang Sembilan Lamongan, mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pemberian penghargaan berupa stiker gambar dan upaya mnegatasi hambatan-hambatan tersebut. Dalam penelitian ini subyek penelitiannya yaitu kepala sekolah, konselor, dan guru kelas TK A-1 yang memberikan informasi tentang perilaku disiplin, serta peneliti melakukan pengamatan terhadap subyek utama dalam penelitian ini yaitu seluruh anak TK Bintang Sembilan Lamongan yang duduk di kelas A-1. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku disiplin anak usia dini di TK Bintang Sembilan Lamongan secara umum baik. Semua aspek menunjukkan bahwa perolehan skor diatas 51%, artinya perilaku disiplin anak baik, dengan skor rata-rata 80,19%. Hambatan yang ditemui adalah dibutuhkan waktu yang lama dan perbedaan aturan di rumah dengan di sekolah. Upaya yang dilakukan adalah dengan pengarahan, pemberian nasehat, membimbing serta memotivasi. Selain itu memberikan reward berupa kata-kata pujian bahkan konsultasi dengan orang tua juga dilakukan.

 

Kata Kunci : Perilaku Disiplin Pada Anak Usia Dini, Penghargaan, Stiker Gambar.

Published
2014-01-21
Section
Articles