PENERAPAN STRATEGI PEMODELAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA DALAM BERTANYA KEPADA GURU DI SMAN 1 KREMBUNG-SIDOARJO

  • UMROTHUL MUFIDA

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat rasa percaya diri siswa dalam bertanya kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi pemodelan kognitif untuk membantu mengatasi masalah rendahnya tingkat rasa percaya diri siswa dalam bertanya kepada guru. Angket rasa percaya diri dalam bertanya kepada guru digunakan untuk mengukur tingkatan rasa percaya diri siswa. Dari angket rasa percaya diri dalam bertanya kepada guru dinyatakan bahwa yang menjadi subyek pada penelitian ini adalah delapan siswa kelas X IPS 3 yang memiliki rasa percaya diri rendah. Penelitian ini menggunakan desain pre-post test one group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non-parametrik dengan uji tanda. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa ρ = 0,004 lebih kecil dibanding α = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa penerapan strategi pemodelan kognitif dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam bertanya kepada guru siswa X IPS 3 SMAN 1 Krembung-Sidoarjo. Dengan demikian dari hasil analisis uji tanda tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “Ada perbedaan skor tingkat ras percaya diri siswa dalam bertanya kepada guru antara sebelum dan sesudah penerapan strategi pemodelan kognitif” dapat diterima.

 

Kata kunci : Strategi Pemodelan Kognitif, Rasa Percaya Diri.

Published
2014-01-21
Section
Articles