PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TOPIK TUGAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX DI MTS ROUDLOTUL ULUM JATIREJO MOJOKERTO

  • MUHAMMAD FARID ILHAMUDDIN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui keefektifan penerapan bimbingan kelompok dengan topik tugas untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut pada siswa kelas IX di MTs Roudlotul Ulum. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimenttal designe dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 8 siswa kelas IX MTs Roudlotul Ulum Jatirejo Mojokerto yang memiliki pemahaman studi lanjut rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki pemahaman studi lanjut rendah yakni dengan menggunakan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 8. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 8, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat table tes binomial dengan ketentuan N = 8 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,004. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,004< 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan diterima. Hal ini membuktikan bahwa pemberian bimbingan kelompok dengan topik tugas mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas IX di MTs Roudlotul Ulum.

Kata Kunci: bimbingan kelompok, topik tugas, pemahaman studi lanjut

Published
2014-01-21
Section
Articles