PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 22 SURABAYA

  • DWI PRASTIWI HANDAYANI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui keefektifan penerapan layanan informasi belajar untuk meningkatkan kinerja belajar siswa di SMA Negeri 22 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimenttal designe dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 8 siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 22 Surabaya yang memiliki kinerja belajar rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki kinerja belajar rendah yakni dengan menggunakan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 8. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 8, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat table tes binomial dengan ketentuan N = 8 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,004. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,004 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan  diterima. Hal ini membuktikan bahwa pemberian layanan informasi belajar dapat meningkatkan kinerja belajar siswa di SMA Negeri 22 Surabaya.

 

Kata Kunci: Layanan informasi belajar, Kinerja belajar.

 

Published
2014-01-21
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 31