“PENERAPAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI PERILAKU OFF TASK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 12 SURABAYA”

  • FAFAID NURUL FATIMAH

Abstract

Kebiasaan perilaku off task adalah semua tingkah laku atau tindakan siswa yang tidak berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar dan memalingkan perhatian dari tugas yang harus dikerjakannya ketika berada di dalam kelas. Kebiasaan perilaku off task bisa memicu masalah seperti tidak mudah fokus terhadap pelajaran, suka menganggu teman di kelas dan bisa menurunkan prestasi belajar siswa. Kondisi ini yang terjadi pada siswa kelas X di SMK Negeri 12 Surabaya. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara. Observasi digunakan untuk mengetahui fase Baseline dan fase Intervensi terhadap subyek, sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui perkembangan setelah diberikan fase Intervensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan teknik self-instruction untuk mengurangi perilaku off task siswa kelas X di SMK Negeri 12 Surabaya.

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan jumlah subyek tiga orang. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Design dengan menggunakan desain A-B. Teknik pengambilan sample dengan purposive non random. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi yaitu menganalisis perubahan data dalam satu kondisi yaitu dalam kondisi Baseline atau kondisi intervensi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ada perubahan skor pada fase baseline dan fase intervensi yaitu pada level stabilitas subyek A fase baseline (A) 50% menjadi 25% pada fase intervensi (B), subyek N pada fase baseline (A) 50% menjadi 41% pada fase intervensi (B), dan subyek P pada fase baseline (A) 16% menjadi 58% pada fase intervensi (B). Sedangkan level perubahan level menunjukan pada subyek A membaik (+) , pada subyek N membaik (+), dan subyek P juga membaik (+). Maka dengan begitu diketahui bahwa adanya perubahan skor kebiasaan perilaku off task siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling individu melalui teknik self-instruction.

Kata kunci : teknik self-instruction, perilaku off task

Published
2014-01-21
Section
Articles