STUDI KEPUSTAKAAN : PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENCEGAHAN CYBERBULLYING PADA REMAJA

Authors

  • Nur Rohmah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mencegah cyberbullying di kalangan remaja. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dimana peneliti mengumpulkan data dari berbagai kajian literatur. Informasi dan data yang terkumpul dianalisis dari berbagai sumber tertulis, termasuk jurnal nasional, dan disusun secara sistematis. Ruang lingkup penelitian ini mencakup pendidikan dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Perguruan Tinggi, sehingga dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang penerapan teknik ini di berbagai jenjang pendidikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah studi kepustakaan. Proses analisis dilakukan dengan memeriksa dan membaca ulang pustaka, mengkaji keterkaitan antar pustaka, serta memperhatikan komentar dan masukan dari pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif dalam mencegah cyberbullying pada remaja. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa sosiodrama bisa menjadi metode yang bermanfaat bagi konselor dan tenaga pendidik dalam upaya mengurangi kejadian cyberbullying di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi.

Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Cyberbullying

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-03

Issue

Section

Articles
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 55