The Development of a Group Counseling Guide Using Motivational Interviewing Techniques to Reduce Academic Burnout Students Who Memorize the Qur'an

PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MEREDUKSI BURNOUT AKADEMIK PADA SISWA PENGHAFALL AL-QUR’AN

Authors

  • Sheilawaty Arum Fathira Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Dibyo Wiyono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Burnout akademik merupakan kondisi kelelahan secara fisik, kognitif, dan emosional akibat tekanan akademik juga tanggung jawab yang cukup tinggi. Fenomena ini sering ditemui di sekolah baik pada lembaga pendidikan formal maupun non formal. Bagi siswa yang sedang berada dibawah naungan pendidikan non formal seperti Pondok Pesantren Tahfidz tentunya memiliki tuntutan yang lebih dibandingkan siswa reguler. Siswa tahfidz menghadapi tantangan besar berupa tanggungjawab untuk menghafal Al-Qur'an sekaligus mengikuti pembelajaran akademik formal. Kondisi ini sering kali memicu burnout yang disebabkan oleh beban belajar yang tinggi, tekanan untuk mencapai target, serta kurangnya waktu istirahat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan konseling kelompok berbasis teknik motivational interviewing sebagai upaya mereduksi burnout akademik pada siswa penghafal Al-Qur'an. Panduan diharapkan mampu membantu guru BK dalam mengelola tekanan akademik siswa dengan referensi pendekatan konseling kelompok yang efektif. Desain penelitian menggunakan Research & Development (R&D) yang dilakukan hingga tahap kelima, meliputi: 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Hasil uji validasi menunjukkan tingkat akseptabilitas yang tinggi, dengan persentase 94,6% pada uji ahli materi dan 96,25% pada uji ahli media. Dengan hasil tersebut, panduan konseling ini dinyatakan layak digunakan oleh guru BK untuk membantu siswa tahfidz dalam mengatasi burnout akademik mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-14

Issue

Section

Articles
Abstract views: 41 , PDF Downloads: 48