PENGEMBANGAN PANDUAN SOLUTION FOCUSED BRIEF GROUP COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA SMK
Abstract
Efikasi diri akademik merupakan keyakikan individu terhadap kemampunya untuk merencanakan, mengatur, dan melaksanakan tugas-tugas akademik. Efkasi diri akademik membantu untuk mengetahui sajauh mana siswa mampu menghadadapi tantangan dalam belajar, mengerjakan tugas, dan meraih prestasi. Akan tetapi pada beberapa siswa ketika mengerjakan tugas menunjukkan perilaku yang sebaliknya. Perilaku yang ditunjukkan seperti mudah menyerah pada tugas, mencontoh pekerjaan teman, menghindari tugas, dan tidak adanya semangat untuk belajar. Peserta didik yang menunjukkan perilaku tersebut bisa jadi terindikasi memiliki efikasi diri akademik yang rendah pada dirinya. Oleh karena itu peneliti mengembangkan produk berupa buku panduan Solution Focused Brief Counseling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik dengan tujuan agar dapat membantu guru BK dalam menangani masalah ini. Penelitian ini menggunakan Reasearch and Development (R&D) sebagai desain penelitiannya dan hanya menggunakkan 5 tahapanya yang meliputi 1) Pengumpulan informasi, 2) Perencanaan, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, dan 5) Revisi desain. Didapatkan hasil validasi desain dengan nilai presentase sebesar 95% untuk uji materi dan 96,75% untuk uji media. Dengan demikian pengembangan buku panduan Solution Focused Brief Counseling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Pada Siswa SMK memenuhi kriteria dan aksepbilitas untuk digunakan dalam proses konseling oleh guru BK.
Downloads

