KEMAMPUAN RESILIENSI PADA SISWA SMK: ANALISIS HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN REGULASI EMOSI

Authors

  • Tyaswiranti Fajrina Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Siswa di sekolah menengah kejuruan harus mampu beradaptasi dengan mata pelajaran yang melibatkan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara resiliensi dengan self-efficacy dan regulasi emosi. Pendekatan prnrlitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional ex post facto. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 210 peserta didik kelas XI. Data penelitian didapatkan menggunakan tiga skala penelitian yaitu instrumen skala self-efficacy, instrumen skala regulasi emosi, dan instrumen skala resiliensi. Instrumen dikatakan valid dengan koefisien reliabilitas instrumen pertama sebesar 0,744, instrumen kedua sebesar 0,752, serta instrumen ketiga sebesar 0,826. Hasil analisis hipotesis pertama dan kedua menggunakan rumus Spearman Rho yang menunjukkan bahwa analisis pertama terdapat hubungan signifikan dengan kekuatan hubungan sangat kuat dan arah hubungan yang positif antara self-efficacy terhadap resiliensi, analisis keduaa menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan kekuatan hubungan kuat dan arah hubungan positif antara regulasi emosi terhadap resiliensi. Sementara analisis hipotesis ketiga menggunakan uji korelasi berganda menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dengan kekuatan hubungan yang sangat kuat antara self-efficacy dan regulasi emosi terhadap resiliensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-22

Issue

Section

Articles
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 42