Library Research: Pendekatan Konseling Realita Sebagai Solusi Permasalahan Peserta Didik

Authors

  • Saniyyah Novita Qurrotu Aini Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Bakhrudin All Habsy Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Masalah merupakan ketidaksesuaian antara apa yang diharapkan dengan apa yang terjadi terkait suatu isu tertentu. Pendidikan tidak hanya harus mengenali tetapi juga secara aktif mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa yang memiliki masalah pribadi, sosial, belajar, dan karier. Layanan bimbingan dan konseling di sekolah sangat dibutuhkan setiap siswa di sekolah pasti memiliki masalah yang tidak sama dengan layanan utamanya yaitu layanan konseling individual dan konseling kelompok. Pendekatan konseling realitas yang menekankan pada pilihan individu dan tanggung jawab atas perilaku sambil menolak pemindahan dan berfokus pada masa kini dapat menjadi solusi atas masalah siswa dalam bidang pribadi, sosial, akademik, dan karier, menekankan kekuatan pribadi, mendorong siswa untuk belajar lebih realistis. Konseling realitas berfokus pada gagasan bahwa semua perilaku dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kebutuhan dasar. Tujuan konseling realitas adalah memberikan bantuan untuk menghubungkan atau menghubungkan kembali konseli dengan orang lain untuk mendorong tercapainya dunia yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kepustakaan dan memiliki simpulan bahwa konseling realitas dapat digunakan sebagai solusi atas masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 113 , PDF Downloads: 162