PENGGUNAAN STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING (CR) UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA KELAS X-TSM(TEKNIK SEPEDA MOTOR)-1 SMK NEGERI 1 MOJOKERTO

  • CHINTIA DIANA CRISTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Penggunaan Strategi Cognitive Restructuring (CR) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X-TSM (Teknik Sepeda Motor) 1 SMKN 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan pre ekperimental berupa one group pretest-posttest design. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini delapan siswa kelas X-TSM 1 yang mempunyai efikasi diri terendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket efikasi diri. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji tanda (sign test). Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa jumlah pengamatan yang relevan, N = 7 (jumlah tanda positif dan tanda negatif) dan jumlah terkecil, r = 0 (jumlah tanda negatif). Sesuai dengan tabel probabilitas binomial untuk ketentuan N = 7 dan r = 0, maka diperoleh Ptabel  = 0,008. Jika dalam ketetapan a dengan taraf signifikansi 5% adalah 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ptabel > a, di mana 0,008< 0,05. Sesuai dengan statistik tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya, ada peningkatan yang signifikan pada skor efikasi diri antara sebelum dan setelah pemberian strategi cognitive restructuring. Dengan demikian, penggunaan strategi cognitive restructuring dapat meningkatkan efikasi diri siswa kelas X-TSM 1 SMKN 1 Mojokerto.

Kata Kunci : strategi cognitive restructuring, efikasi diri

Published
2014-01-23
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 237