STUDI TENTANG TENTANG KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK KELOMPOK A DALAM KEGIATAN METODE PROYEK DI TK PLUS AL-FALAH PUNGGING MOJOKERTO

  • SARI LISDIAN ANDARBENI

Abstract

Kemampuan interaksi sosial merupakan proses  sosial, yang menunjukan pada hubungan-hubungan sosial yang dinamis. Dimana interaksi sosial adalah kunci semua kehidupan sosial karena tanpa interaksi sosial, tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Pada awal masa kanak-kanak yang sering disebut sebagai masa prakelompok, dasar untuk sosialisasi diletakkan dengan meningkatnya hubungan antara anak dengan teman-teman sebayanya dari tahun ke tahun. Dalam pemilihan metode untuk membantu anak meningkatkan perkembangan interaksi sosial pada anak usia dini secara optimal harus benar-benar disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan anak. Maka guru kelas memberikan salah satu metode, yaitu metode proyek untuk membantu anak-anak dalam berinteraksi dengan lingkungan, kelompok, teman sebaya dan gurunya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan interaksi sosial anak kelompok A dalam kegiatan metode proyek di TK Plus Al-Falah Pungging Mojokerto. Jenispenelitian yang dipakai dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif .Alat pengumpul data yang dipakai adalah observasi, wawancara yang ditujukan pada guru kelas, konselor sekolah dan kepala sekolah, dan dokumentasi sebagai pelengkap data.Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A, kepala sekolah, guru kelas dan konselor sekolah .Uji kredibilitas data menggunakan teknik trianggulasi data yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan skor diatas 50% yang artinya kemampuanin teraksisosialanakkelompok A di TK Plus Al-Falah bisa dikategorikan baik. Dimana dilihat dari tiga aspek yaitu kontak sosial ,komunikasi dan kerjasama, semua aspek tersebut memiliki presentase yang baikdiatas rata-rata. 

 Kata Kunci :Kemampuan Interaksi Sosial, Kegiatan Metode Proyek

Published
2014-01-23
Section
Articles