PENERAPAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JOGOROTO JOMBANG 

  • RIZKY TRI NURCAHYO

Abstract

 

Pemahaman siswa yang kurang terhadap pemahaman studi lanjut pada saat duduk di bangku sekolah menengah pertama khususnya pada kelas VIII mengakibatkan kesulitan untuk memilih studi lanjut pada jenjang sekolah selanjutnya setelah lulus dari sekolah menengah pertama. Salah satu upaya yang telah dilakukan guru BK untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut siswa adalah melaksanakan layanan informasi melalui metode ceramah klasikal namun hasil yang diperoleh belum cukup baik karena siswa merasa perlu adanya penambahan materi yang lengkap tentang studi lanjut. Untuk menunjang dan mendukung siswa maka guru BK berkolaborasi dengan peneliti dalam membuat materi tentang studi lanjut disini guru BK adalah praktikan sedangkan peneliti adalah observer dan pembuat materi. Diharapkan dengan penambahan materi tentang studi lanjut pemahaman siswa tentang studi lanjut akan meningkat dengan menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK).

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut siswa dengan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) pada siswa kelas VIII. Hasil akhir dari penelitian ini adalah layanan informasi mampu meningkatkan pemahaman studi lanjut siswa kelas VIII.

Hasil dari observasi aktivitas guru adalah 100%, observasi aktivitas siswa 100% dan hasil dari lembar kerja pemahaman siswa adalah sebesar 89,5%. Siswa antusias dan tertarik mengikuti kegiatan pemberian layanan informasi tentang studi lanjut. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa layanan informasi efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut dengan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK).

Kata kunci : layanan informasi, pemahaman studi lanjut.

Published
2014-01-23
Section
Articles