PENERERAPAN MODIFIKASI KOGNITIF-PERILAKU UNTUK MENGELOLA STRES TERHADAP KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) SISWA KELAS XI-MM 1 (MULTI MEDIA) SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • ARINDA NUR MASHITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan modifikasi kognitif-perilaku untuk membantu siswa mengelola stres terhadap praktek kerja industri di SMK Negeri 1 Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan one group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui tingkat stres  siswa terhadap praktek kerja industri. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas X MM-1 SMK Negeri 1 Surabaya yang memiliki skor stres terhadap praktek kerja industri yang tinggi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda, dengan taraf signifikansi 5 %. Analisis data menggunakan uji tanda, dengan N=6 dan X=0 maka diperoleh  = 0,016 dari tabel binomial. Jika dalam ketetapan  sebesar 5% adalah 0,05, maka harga 0,016 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya setelah diberi perlakuan modifikasi kognitif perilaku, siswa yang sebelumnya mempunyai skor stres tinggi, kini tingkat stres terhadap praktek kerja industri rendah. Jadi hipotesis penelitian “Penerapan Modifikasi Kognitif-Perilaku Dapat Digunakan Untuk Membantu Siswa Dalam Mengelola Stres Terhadap Kegiatan Praktek Kerja Industri Siswa kelas XI-MM 1 (Multi Media) SMKN 1 Surabaya” dapat diterima.

 

Kata kunci: Modifikasi kognitif-perilaku, stres terhadap praktek kerja industri

Published
2014-01-23
Section
Articles