PENGGUNAAN METODE PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU MORAL ANAKKELOMPOK B DI TK BINA ANAK SHOLEH TUBAN

  • RATIH RUSMAYANTI

Abstract

Moral yang merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan dalam potensi anak adalah ajaran baik buruknya perbuatan dan kelakuan. Dengan demikian moral merupakan kendali dalam bertingkah laku. Untuk meningkatkan perilaku moral anak tersebut dengan penggunan metode pembiasaan. Penentuan metode untuk pembelajaran nilai dan moral anak TK sangat erat hubungannya dengan proses pengenalan tingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat dan diharapkan mampu dilakukan oleh anak TK. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan metode pembiasaan dalam meningkatkan perilaku moral anak kelompok B1 di TK Bina Anak Sholeh Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini subyek penelitiannya yaitu kepala sekolah, konselor, dan wali kelas B1 yang memberikan informasi tentang perilaku moral anak dan penggunaan metode pembiasaan. Serta peneliti melakukan pengamatan terhadap subyek utama yaitu seluruh anak kelompok B1 di TK Bina Anak Sholeh Tuban. Penggunaan metode pembiasaan yang diberikan dengan cara membiasakan perilaku atau sikap moral anak secara berulang-ulang dan terus-menerus sehinggga dapat mengubah dan mengurangi perilaku yang berlebihan atau salah dan meningkatkan perilaku baik. Proses pelaksanaan kegiatan metode pembiasaan yang bersifat fleksibel secara kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan kegiatan teladan. Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan pemberian metode pembiasaan adalah setiap anak mempunyai perbedaan kemampuan untuk dapat menerima informasi tentang arahan dan bimbingan berperilaku baik yang diberikan. Serta tidak ada kesinambungan antara keluarga dan sekolah, pembiasaan yang dilakukan di lingkungan keluarga masih belum bisa maksimal. Cara menghadapi hambatannya melakukan pendekatan secara pribadi kepada anak dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada anak dan melakukan pendekatan secara langsung kepada wali murid, memberikan informasi tentang perkembangan perilaku anak di sekolah serta melakukan home visit yang dilakukan oleh konselor dan wali kelas. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku moral anak di TK Bina Anak Sholeh Tuban secara umum baik. Semua aspek menunjukkan bahwa perolehan skor diatas 51 %, artinya perilaku moral anak baik, anak mampu melakukannya dengan baik.

 

Kata Kunci: Perilaku Moral, Penggunaan Metode Pembiasaan.

Published
2014-01-27
Section
Articles
Abstract Views: 386
PDF Downloads: 460