PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS XI IPA C SMA NEGERI 2 TUBAN

  • TSANY LUTFIYANTI

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan kelompok belajar dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan rancangan pre ekperimental berupa one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 7 siswa kelas XI IPA C SMA Negeri 2 Tuban yang memiliki skor kemampuan interaksi sosial rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemampuan interaksi sosial. Jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban yang terdiri dari sangat sesuai, sesuai, kurang sesuai dan tidak sesuai. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametric dengan uji tanda. Setelah diadakan analisis dengan menggunakan uji tanda, dapat diketahui bahwa ρ = 0,008 lebih kecil dari α sebesar 5% = 0,05.  Artinya setelah penyelenggaraan kelompok belajar siswa mengalami peningkatan kemampuan interaksi sosial.

Hasil analisis menunjukkan bahwa penyelenggaraan kelompok belajar dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan interaksi sosial siswa setelah diberikan perlakuan dengan menyelenggarakan kegiatan kelompok belajar.

Kata Kunci :Kelompok Belajar , Interaksi Sosial

Published
2014-01-27
Section
Articles