Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa SMA di Surabaya
Abstract
Regulasi emosi merupakan proses dimana individu sadar akan emosi tertentu, sehingga emosi tersebut
akan dikelola dan dimodifikasi untuk diekspresikan sebagai bentuk respon pada situasi tertentu. Regulasi
emosi yang buruk mengakibatkan dampak negatif terhadap perilaku remaja seperti agresif, bullying,
bahkan perilaku yang menyakiti diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan
bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan regulasi emosi siswa SMA di Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pra eksperimental dengan desain the one-shot group pretest-posttest, dengan
analisis non parametrik, uji Wilcoxon. Subjek penelitian berjumlah 8 siswa kelas XI yang memiliki tingkat
regulasi emosi yang rendah, sedang, dan tinggi. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp.
Sig. (2-tailed) yaitu 0,011 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,011 < 0,05). Maka dapat disimpulkan
dalam penelitian ini Ha diterima yang berarti bimbingan kelompok teknik sosiodrama efektif untuk
meningkatkan regulasi emosi siswa SMA di Surabaya.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama, Regulasi Emosi
Downloads

