PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER SISWA DI MADRASAH ALIYAH
Abstract
Efikasi diri karier merupakan keyakinan yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan tugas perkembangan, merencanakan dan mencapai tujuan karier yang diimpikan. Peranan efikasi diri karier sangat penting karena menentukan arah tujuan siswa setelah lulus dari madrasah aliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan layanan bimbingan kelompok teknik problem based learning terhadap efikasi diri karier pada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif pre-experimental dengan desain one group pre-test post-test, menggunakan analisis data statistics non parametric yaitu uji wilcoxon. Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket kuesioner untuk mengukur tingkat efikasi diri karier siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Gresik. Subjek dalam penelitian ini berjumlah delapan (8) siswa kelas XII yang memiliki efikasi diri karier yang rendah, cukup, dan tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata skor pre-test sebesar 107,625 dan setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok problem based learning mengalami kenaikan menjadi 120,875. Terdapat perbedaan selisih rata-rata pre-test dan post-test yang meningkat sebesar 13,25 poin. Dari hasil statistics non parametric pengujian menggunakan SPSS Statistics 24 For Windows, nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,012 jika disesuaikan dengan batas ketentuan maksimal 0,05. Diketahui bahwa 0,012 < 0,05 maka dapat diambil kesimpulan Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok problem based learning efektif diterapkan untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa di madrasah aliyah.
Downloads

