EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK SMA
Abstract
Kecemasan akademik ialah ialah perasaan tidak nyaman seperti sulit tidur, perubahan mood, kesusahan untuk berkonsentrasi, dan penurunan motivasi yang dirasakan oleh individu yang disebabkan oleh kegiatan akademik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik problem based learning dapat menurunkan kecemasan akademik pada peserta didik kelas XII-5 SMAN 1 Manyar. Jenis dari penelitian ini ialah penelitian menggunakan desain kuantitatif serta menggunakan penelitian pre-experimental design, metode yang digunakan adalah one group pre test - post-test. Subyek yang terdapat pada penelitian ini ialah delapan peserta didik kelas XII-5 yang memiliki kecemasan akademik Tinggi, sedang, dan rendah. Hasil analisis data penelitian pada pre-test dan post-test dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Terdapat penurunan sebanyak 14,87 poin. Berdasarkan pada intepretasi uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS Statistic 25 diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) Sebesar 0,012 dikarenakan 0,012<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dengan demikian maka kecemasan akademik dapat diturunkan dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik pembelajaran berbasis masalah.
Downloads

