Keefektifan Konseling Individu Teknik Positive Reinforcement untuk Meningkatkan Kemandirian belajar Siswa di MA Salafiyah Safi’iyah Hasyim Seblak Jombang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik konseling reinforcement positif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di MA Salafiyah Safi’iyah Hasyim Seblak Jombang. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas X yang memiliki kategori angket kemandirian belajar rendah dan kemudian diobservasi perilakunya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen Single Subject Research (SSR) tipe A-B. Data dikumpulkan melalui observasi perilaku siswa selama fase baseline dan intervensi. Data dianalisis menggunakan analisis visual dan uji hipotesis nonparametrik dengan metode Percentage of Non-overlapping Data (PND). Hasil analisis menunjukkan bahwa dua subjek memperoleh nilai PND sebesar 87,5% (kategori efektivitas tinggi), dan satu subjek memperoleh nilai 62,5% (kategori efektivitas sedang). Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik reinforcement positif yang digunakan dalam konseling menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan perilaku kemandirian belajar, terutama berdasarkan perubahan skor yang konsisten selama fase intervensi. Disarankan penggunaan desain A-B-A atau A-B-A-B untuk hasil yang lebih mendalam.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Konseling Individu, Reinforcement Positif, Single Subject Research
Downloads

