Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Remedial Teaching dengan Strategi Mind Maping untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

  • HANIF KUNCAHYA P

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Remedial Teaching dengan Metode Mind Maping untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Remedial Teaching dengan Metode Mind Maping dijadikan sebagai alternatif bantuan bagi siswa yang memiliki kesulitan belajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia, bimbingan kelompok selain memiliki fungsi pencegahan (preventif) juga memiliki fungsi penyembuhan (kuratif).

Subyek penelitian adalah siswa kelas X Reguler SMA Al Azhar Menganti Gresik yang memiliki kesulitan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil pre-test ditemukan 8 siswa yang memiliki kesulitan belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia diketahui dari perolehan nilai ulangan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk jenjang SMA yaitu sebesar 75.

Setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok teknik remedial teaching dengan metode mind maping, hasil post-test menunjukkan adanya penurunan tingkat kesulitan belajar dari delapan siswa yang ditandai dengan meningkatnya perolehan nilai ulangan mata pelajaran bahasa Indonesia dari semula kurang dari kriteria ketuntasan minimum naik melampaui kriteria ketuntasan minimum mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Pre-Test dan Post-Test One Group Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah uji jenjang bertanda Wilcoxon, dapat diketahui nilai paling kecil menjadi Thitung = 0 bila (α) taraf kesalahan 5% (uji 2 fihak), maka T tabel = 6 dengan N=8. Dengan demikian (Thitung <  T tabel) atau  (0 < 6). Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik remedial teaching dengan metode mind maping dapat mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

 

Kata kunci                 : Bimbingan kelompok teknik remedial teaching, mind maping, kesulitan belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Published
2014-01-27
Section
Articles