Pengembangan Website SIPAKAR Untuk Membantu Perencanaan Karier Siswa SMA Berdasarkan Teori Myers-Briggs Type Indicator
Abstract
Perencanaan karier merupakan proses penting yang harus dilakukan siswa sejak dini untuk memastikan kesiapan mereka dalam menentukan jalur pendidikan atau pekerjaan di masa depan. Namun, tidak semua siswa SMA memiliki kemampuan yang baik dalam merencanakan karier, sehingga menimbulkan masalah seperti kebingungan dalam memilih jurusan dan ketidakpastian karier, dimana fenomena tersebut juga terjadi di SMAN 1 Driyorejo. Setelah menyebarkan angket kesiapan perencanaan karier pada 69 siswa kelas XI, didapatkan hasil 20 siswa memiliki kesiapan karier yang termasuk kategori rendah, 34 siswa sedang, dan 15 tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh tim puslitjatknov. Penelitian ini berfokus untuk mengembangkan media website SIPAKAR memenuhi uji akseptabilitas. Dari hasil penilaian media yang telah dilakukan kepada ahli materi, ahli media, ahli praktisi mendapatkan nilai sebesar 96%, 88%, dan 97%. Setelah itu dilakukan uji coba skala kecil kepada 4 siswa kelas XI, hasil rata-rata nilai yang didapatkan adalah 89%. Dari hasil tersebut dibandingkan dengan kriteria penilaian yang dikemukakan oleh Mustaji, maka dapat disimpulkan bahwa media website SIPAPKAR memenuhi kriteria uji akseptabilitas dengan kategori nilai 81%-100% yaitu, “sangat baik, tidak perlu revisi”.
Downloads

