Validasi Media Bimbingan dan Konseling Modul Self-Control Sebagai Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Authors

  • Ananda Mustika Putri Bimbingan dan konseling,Universitas negeri surabaya
  • Dr. Wiryo Nuryono. S.Pd., M.Pd. Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan dalam mengembangkan media bimbingan dan konseling berupa modul self-control sebagai pencegahan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini didasarkan pada berbagai kasus penyalahgunaan narkoba, terutama pada peserta didik SMA yang memerlukan penanganan segera. Peserta didik SMA yang cenderung masih labil dan kurang dapat mengontrol emosi dengan baik, serta mudah terbawa arus. Hal tersebut yang menyebabkan rentan terjerumus terhadap berbagai pengaruh negatif salah satunya penyalahgunaan narkoba. Modul berbasis augmented reality ini menekankan pengendalian diri menurut Roy Baumeister daalam menunjang pencegahan narkoba. Hal ini didasarkan pada empat aspek pengendalian diri, yaitu disiplin diri, tidak impulsif, kebiasaan sehat. Modul ini dikembangkan menggunakan model penelitian ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, and Evaluasi) dengan melibatkan validasi media menggunakan expert judgement dan rumus Gregory. Validasi ini melibatkan ahli materi, ahli media, dan pengguna (Guru Bimbingan dan Konseling) sebagai validator. Hasil akhir validasi menunjukkan koefisien validitas bernilai satu. Nilai ini bermakna bahwa media berada pada validitas sangat tinggi atau layak digunakan. Dengan kata lain, media bimbingan dan konseling modul pengendalian diri sebagai pencegahan penyalahgunaan narkoba, relevan dan efektif sesuai kebutuhan permasalahan yang ada.

Kata kunci: media, bimbingan dan konseling, modul, pengendalian diri, expert judgment Gregory.

                                                                                                                                              

Abstract

The research aims to develop guidance and counseling media in the form of self-control modules as drug prevention. This research is based on various corruption cases, especially among high school students who require immediate treatment. High school students tend to be unstable and unable to control their emotions well, and are easily carried away. This makes them vulnerable to falling into various negative influences, one of which is drug abuse. This augmented reality-based module emphasizes self-control according to Roy Baumeister in supporting drug prevention. This is based on four aspects of self-control, namely self-discipline, not being impulsive, healthy habits, and work ethic. This module was developed using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) research model involving media validation using expert judgment and the Gregory formula. This validation involves material experts, media experts, and users (Guidance and Counseling Teachers) as validators. The final validation results show a validity coefficient of one. This value means that the media has very high validity or is suitable for use. In other words, the guidance and counseling media for self-control modules as drug prevention, is relevant and effective according to the needs of existing problems.

Keywords: media, guidance and counseling, module, self-control, expert judgment Gregory.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 3