Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di SMP Muhammadiyah 2 Taman dan SMPIT Insan Kamil Di Sidoarjo

Authors

  • Aisyah Dzakia Alamsyah Universitas Negeri Surabaya
  • Pratiwi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan program bimbingan dan konseling di dua sekolah menengah pertama di Sidoarjo yang menerapkan kurikulum berbeda. Evaluasi ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 2 Taman Sidoarjo dan SMPIT Insan Kamil Sidoarjo dalam membantu siswa mengatasi permasalahan serta mengembangkan potensi diri mereka. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP (Context, Input, Process, Product) guna memperoleh pemahaman yang menyeluruh mengenai program bimbingan dan konseling tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif komparatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, studi dokumentasi, dan observasi terhadap kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, serta siswa dari kedua sekolah tersebut. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa pelaksanaan program bimbingan dan konseling di kedua sekolah tersebut tergolong berhasil dan memberikan dampak positif yang nyata. Namun demikian, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan guna mengoptimalkan kualitas program secara keseluruhan..

Kata Kunci: Evaluasi, Program Bimbingan dan Konseling, CIPP (Context, Input, Process, Product)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-21

Issue

Section

Articles
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 5