SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK NEGERI 13 SURABAYA DAN SMK DHARMA BAHARI

Authors

  • Anggi Desita Anggi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Titin Indah Pratiwi, M.Pd. Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pemberian layanan bimbingan klasikal di SMK Negeri 13 Surabaya kurang optimal karena kurangnya tenaga

BK sehingga terkadang guru BK berhalangan memasuki kelas akibat beban kerja yang terlalu besar dimana

terdapat satu guru BK saja di sekolah, sementara itu peserta didik berjumlah 404. Sedangkan guru BK di

SMK Dharma Bahari, diketahui bahwa tidak adanya buku konseling karena jumlah peserta didik berjumlah

2.244 dan hanya terdapat 6 guru BK saja sehingga beban kerja yang didapat juga cukup besar. Penelitian ini

menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif untuk membandingkan

karakteristik atau fenomena yang diteliti dan mengidentifikasi persamaan serta perbedaan antara berbagai

kelompok atau variabel. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data

dilakukan kepada kepala sekolah, guru BK, dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah supervisi

memberikan dampak terhadap kinerja guru BK. Perubahan ditunjukkan oleh guru BK SMK Negeri 13

Surabaya adalah meningkatnya kolaborasi dengan wali kelas dan guru mata pelajaran untuk menangani

permasalahan dan memantau perkembangan peserta didik. Sedangkan di SMK Dharma Bahari menunjukkan

guru BK yang mampu berinovasi dalam memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan suatu aplikasi yang

fungsinya mirip dengan buku konseling. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-21

Issue

Section

Articles
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 2