SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK NEGERI 13 SURABAYA DAN SMK DHARMA BAHARI
Abstract
Pemberian layanan bimbingan klasikal di SMK Negeri 13 Surabaya kurang optimal karena kurangnya tenaga
BK sehingga terkadang guru BK berhalangan memasuki kelas akibat beban kerja yang terlalu besar dimana
terdapat satu guru BK saja di sekolah, sementara itu peserta didik berjumlah 404. Sedangkan guru BK di
SMK Dharma Bahari, diketahui bahwa tidak adanya buku konseling karena jumlah peserta didik berjumlah
2.244 dan hanya terdapat 6 guru BK saja sehingga beban kerja yang didapat juga cukup besar. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif untuk membandingkan
karakteristik atau fenomena yang diteliti dan mengidentifikasi persamaan serta perbedaan antara berbagai
kelompok atau variabel. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data
dilakukan kepada kepala sekolah, guru BK, dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah supervisi
memberikan dampak terhadap kinerja guru BK. Perubahan ditunjukkan oleh guru BK SMK Negeri 13
Surabaya adalah meningkatnya kolaborasi dengan wali kelas dan guru mata pelajaran untuk menangani
permasalahan dan memantau perkembangan peserta didik. Sedangkan di SMK Dharma Bahari menunjukkan
guru BK yang mampu berinovasi dalam memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan suatu aplikasi yang
fungsinya mirip dengan buku konseling.
Downloads

