EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PELAJAR KELAS 7B DI SMPN 36 SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik pengajaran kelompok menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) dalam menumbuhkan efikasi diri akademik pada siswa SMPN 36 Surabaya kelas 7B. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya efikasi diri akademik yang berdampak pada prestasi belajar dan motivasi belajar siswa. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok yang sama sebagai bagian dari teknik kuantitatif penelitian ini dan one group pretest-posttest design. Instrumen pengukuran efikasi diri akademik digunakan dalam proses pengumpulan data. Untuk mengidentifikasi perubahan yang signifikan setelah perlakuan, data diuji secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok berbasis PBL berhasil meningkatkan efikasi diri akademik siswa. Siswa diajarkan untuk berpikir kritis, aktif memecahkan masalah, dan mengembangkan kepercayaan diri melalui dinamika kelompok yang positif dengan metode ini. Hasilnya, konseling kelompok dengan menggunakan teknik PBL dapat menjadi strategi intervensi yang berguna bagi para guru yang ingin membantu siswa merasa lebih percaya diri dengan kemampuan akademis mereka.
Downloads

