PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK

Authors

  • Arsyadana Aulia'u Rahma Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Farid Ilhamuddin S.Pd., M.Pd. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perencanaan karier merupakan proses perencanaan berbagai pencapaian tujuan serta tahpan yang dibutuhkan demi mencapai itu. Dalam lingkup permasalahan karier yang dialami peserta didik, cenderung belum bisa memahami dirinya sendiri seperti kurangnya pengetahuan minat dan bakat, mata pelajaran apa yang disukai dan prestasi akademik yang dapat mendukung kariernya di masa depan. Fenomena ini ditemukan juga di SMKN 3 Surabaya yang menunjukkan perolehan skor pemahaman tentang perencanaan karier yang masuk pada kategori rendah sampai sedang. Solusi yang dapat diberikan yakni dengan memberikan layanan bimbingan konseling berupa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik Project Based Learning untuk meningkatkan karier peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahwasannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik Project Based Learning untuk meningkatkan perencanaan karier peserta didik terbukti efektif. Pre eksperimental desain one group pre-test post-test difungsikan sebagai salah satu metode penelitian kuantitatif yang diterapkan dengan maksud pengujian hipotesis dengan cara dikumpulkannya data dari instrumen penelitian serta analisis data yang bersifat kuantitatif atau statistik. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan skor antara sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan oleh konselor berupa bimbingan kelompok dengan rata-rata skor yang didapatkan saat pre-test adalah 149,3 dan rata rata skor post-test 161,33 setelah diberikan perlakuan.

Kata Kunci: Perencanaan Karier, Project Based Learning, Bimbingan Kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2 , PDF Downloads: 1