PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING KEDAMAIAN DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 36 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan konseling kedamaian sebagai media layanan bimbingan dan konseling yang dapat digunakan untuk mereduksi perilaku bullyingpada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bullying merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan berdampak negatif terhadap kesehatan mental serta perkembangan sosial emosional siswa. Pendekatan konseling kedamaian dipilih karena berfokus pada penguatan nilai-nilai empati, toleransi, dan resolusi konflik secara damai. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi beberapa tahapan oleh Tim Puslitjaknov meliputi tahap studi pendahuluan,perencanaan,pengembangan produk awal,uji coba pendahuluan,dan revisi produk. Uji validasi diperoleh dari data kuantitatif dan kualitatif yang diberikan oleh ahli materi,ahli media dan calon pengguna. Validator dalam penelitian pengembangan ini terdiri dari satu ahli materi,satu ahli media,dan dua calon pengguna. Berdasarkan uji validasi produk oleh ahli materi,ahli media,dan calon pengguna yang telah dilakukan,didapatkan hasil yang meliputi aspek kegunaan sebesar 86,6%termasuk dalam kriteria kategori sangat sesuai dan tidak perlu dilakukan revisi,,aspek kelayakan didapatkan sebesar 88,3% yang termasuk dalam kategori sangat sesuai dan tidak perlu dilakukan revisi,aspek ketepatan didapati hasil 82,2% termasuk kriteria kategori sangat sesuai dan tidak perlu revisi ,aspek kepatutan didapati hasil 82,2% termasuk dalam kriteria kategori sangat sesuai dan tidak perlu revisi. Subjek dalam uji coba adalah guru Bimbingan dan Konseling serta siswa SMP. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media tergolong dalam kategori sangat sesuai dan menurut kriteria Arikunto tidak perlu adanya revisi. Dari hasil uji validasi oleh ahli dan calon pengguna,dapat disimpulkan bahwa pengembangan media layanan informasi untuk pencegahan dan pengurangan perilaku Bullying berbasis Buku Panduan pada peserta didik di SMP Negeri 36 Surabaya telah memenuhi kriteria Akseptabilitas,meliputi aspek kegunaan,kelayakan,ketepatan,dan kepatutan. Dengan demikian, buku panduan konseling kedamaian ini layak digunakan sebagai alternatif media layanan konseling yang dapat membantu guru BK dalam menangani dan mencegah perilaku Bullying di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi dalam pengembangan literatur serta praktik bimbingan dan konseling di sekolah
Downloads

