PENERAPAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MELATIH PESERTA DIDIK DALAM MENGELOLA WAKTU
Abstract
Abstrak
Kemampuan mengelola waktu memiliki peran penting dalam kegiatan peserta didik baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa baik layanan bimbingan klasikal yang menggunakan metode permainan edukatif dapat membantu peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 3 Surabaya dalam mengelola waktu. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen dan menggunakan one group pre-test dan post-test design, serta analisis data menggunakan statistik parametrik, yaitu uji t Paired Sample t-Test. Instrumen angket kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Sebanyak 33 peserta didik dari kelas X-3 menjadi subjek penelitian. Dalam penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan bimbingan klasikal metode permainan edukatif berhasil membantu peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 3 Surabaya dapat mengelola waktu yang lebih baik.
Kata Kunci: Kemampuan mengelola waktu, Bimbingan klasikal, Permainan edukatif.
Abstract
The ability to manage time has an important role in the activities of students both in the school environment and society. This study aims to test how well classical guidance services using educational game methods can help students in class X-3 SMA Negeri 3 Surabaya in managing time. The research method used is quantitative with the type of pre-experiment research and using one group pre-test and post-test design, and data analysis using parametric statistics, namely the Paired Sample t-Test. Questionnaire instrument was used to collect data. A total of 33 students from class X-3 became research subjects. In this study, it can be concluded that the classical guidance service of educational game method succeeded in helping students of class X-3 SMA Negeri 3 Surabaya can manage their time better.
Keywords: Time management skills, Classical guidance, Educational games.
Downloads

