PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 SURABAYA

Authors

  • Sabina Ezra Arzettisyah Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Tri Hariastuti Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Maraknya perilaku bullying yang dilakukan oleh peserta didik di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku bullying pada peserta didik di SMP Negeri 19 Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pre-experimental one group pre-test and post-test design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengukur perilaku bullying pada peserta didik di SMP Negeri 19 Surabaya yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengambilan subjek ini berdasarkan rekomendasi dari guru BK sebanyak delapan subjek. Pada penelitian ini terlihat adanya perubahan pada peserta didik yang diperoleh dari hasil angket pre-test dan post-test.. Berdasarkan dari analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon yang menunjukkan adanya perbedaan hasil dari perilaku bullying peserta didik sebelum treatment dan sesudah diberikan treatment. Maka dapat disumpulkan, bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku bullying pada peserta didik di SMP Negeri 19 Surabaya.

Kata Kunci: Bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, perilaku bullying, peserta didik

                                                                                                                         

Abstract

The rise of bullying behavior committed by students in the school environment. This research aims to test the group guidance of sociodrama techniques can reduce bullying behavior in students at SMP Negeri 19 Surabaya. The method in this study uses quantitative methods with pre-experimental one group pre-test and post-test design. Data collection in this study used a questionnaire to measure bullying behavior in students at SMP Negeri 19 Surabaya which had been tested for validity and reliability. This subject was taken based on the recommendation of the counseling teacher as many as eight subjects. In this study, there were changes in students obtained from the results of the pre-test and post-test questionnaires. Based on the data analysis in this study using the Wilcoxon Test which shows the difference in the results of students' bullying behavior before treatment and after treatment. So it can be concluded, that group guidance with sociodrama techniques can reduce bullying behavior in students at SMP Negeri 19 Surabaya.

Keywords: Group guidance, sociodrama technique, bullying behavior, students

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 6