PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak
Komunikasi interpersonal adalah salah satu aspek penting dalam menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial untuk membangun hubungan. Tujuan dari kajian ilmiah ini adalah menguji peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal melalui bimbingan kelompok teknik role playing pada peserta didik di SMA Negeri 1 Driyorejo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif model one group pre-test dan post-test design. Pengambilan subjek dalam penelitian ini atas rekomendasi guru BK sekolah dan atas persetujuan sekolah sebanyak tujuh orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket keterampilan komunikasi interpersonal yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak tujuh sesi pertemuan. Analisis data dari penelitian ini melalui uji Wilcoxon. Data yang telah dianalisis menunjukkan bahwa adanya peningkatan signifikan pada keterampilan komunikasi interpersonal pada peserta didik sesudah dilakukan perlakuan melalui bimbingan kelompok teknik role playing. Dengan demikian, dapat diperoleh simpulan bahwa bimbingan kelompok teknik role playing efektif dalam peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal pada peserta didik di SMA Negeri 1 Driyorejo.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing.
Abstract
Interpersonal communication is one of the important aspects in living life as a social being to build relationships. The purpose of this scientific study is to examine the improvement of interpersonal communication skills through group guidance on role playing techniques for students at SMA Negeri 1 Driyorejo. The approach used in this research is quantitative model one group pre-test and post-test design. Taking subjects in this study on the recommendation of the school counseling teacher and with the approval of the school as many as seven students. This study uses data collection instruments, namely a questionnaire of interpersonal communication skills that have been tested for validity and reliability. This study was conducted in seven meeting sessions. Data analysis of this study through the Wilcoxon test. The data that has been analyzed shows that there is a significant increase in interpersonal communication skills in students after treatment through group guidance role playing techniques. Thus, it can be concluded that group guidance on role playing techniques is effective in improving interpersonal communication skills in students at SMA Negeri 1 Driyorejo.
Keywords: Interpersonal Communication, Group Guidance, Role Playing Technique.
Downloads

