TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU FANATISME K-POP PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU
Abstract
Fanatisme Korean-Pop (K-Pop) di kalangan remaja menimbulkan dampak yang negatif terutama pada siswa yang tinggal di asrama berbasis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Teknik Rational Emotive Behavior dalam mengurangi kecenderungan perilaku fanatisme K-Pop melalui layanan konseling kelompok. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pra-eksperimen one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 6 siswa yang dipilih berdasarkan rekomendasi wali asrama dan guru BK serta memiliki skor fanatisme tinggi sesuai hasil pre-test. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket fanatisme K-Pop yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta observasi perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh subjek mengalami penurunan skor fanatisme dari kategori tinggi menjadi kategori sedang setelah mengikuti 6 sesi konseling dengan Teknik Rational Emotive Behavior. Selain perubahan skor, para subjek juga menunjukkan perubahan perilaku di kehidupan nyata seperti adanya peningkatan hafalan Al-Qur’an, aktif dalam kegiatan keagamaan asrama, mematuhi peraturan asrama, serta mampu mengelola emosi dan hubungan sosial dengan teman di asrama menjadi lebih baik. Teknik Rational Emotive Behavior dalam konseling kelompok terbukti efektif dalam memberikan bantuan pada siswa untuk mengurangi perilaku fanatisme K-Pop dengan mengubah keyakinan irasional menjadi rasional. Teknik Rational Emotive Behavior dapat dijadikan sebagai strategi layanan bimbingan dan konseling sekolah di lingkungan sekolah berbasis Islam.
Kata Kunci: Fanatisme K-Pop, Teknik Rational Emotive Behavior, Konseling Kelompok, Siswa Asrama
Downloads

