Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik SMP

Authors

  • Avifa Alya Universitas Negeri Surabaya
  • Elisabeth Christiana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik psikodrama dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik SMP. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengelola emosi, mengenali perasaan diri dan orang lain, serta membangun relasi sosial secara sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah delapan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Krian yang dipilih berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Data dikumpulkan menggunakan angket kecerdasan emosional, lembar observasi, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 78,625, sementara hasil posttest meningkat menjadi 131,25, dengan gain score sebesar 52,625. Uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,012 (<0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil observasi dan LKPD mendukung temuan kuantitatif dengan menunjukkan perubahan perilaku emosional dan sosial yang positif pada sebagian besar peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik psikodrama efektif dalam meningkatkan lima aspek kecerdasan emosional, yaitu kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial.

Kata Kunci: psikodrama, kecerdasan emosional, bimbingan kelompok, remaja, peserta didik SMP

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 6