PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK
Abstract
Interaksi sosial merupakan kemampuan penting yang perlu dimiliki siswa untuk menunjang kehidupan sosialnya. Penelitian penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan komunikatif bertujuan untuk menguji keefektifan kelompok bimbingan teknik permainan komunikatif dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial peserta didik pada tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pra - eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design . Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Gresik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil pre-test dari sedang rendah menjadi rata-rata tergolong tinggi. Hasil analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna antara sebelum dan sesudah pelaku diberikan, sehingga hipotesis alternatif diterima. Maka dapat disimpulkan, bahwa bimbingan kelompok dengan teknik permainan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial pada peserta didik di SMP Negeri 5 Gresik.
Downloads

