STUDI KASUS DINAMIKA PSIKOLOGIS KONFLIK INTERPERSONAL SISWA MERUJUK TEORI SEGITIGA ABC KONFLIK GALTUNG DAN KECENDERUNGAN PENYELESAIANNYA PADA SISWA KELAS XII JURUSAN MULTIMEDIA (MM) DI SMK MAHARDHIKA SURABAYA
Abstract
Fenomena maraknya konflik yang terjadi pada pelajar menjadi latar belakang dari penelitian ini. Berdasarkan data dari hasil angket studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa seluruh siswa dari kelas XII MM SMK Mahardhika Surabaya yang berjumlah 177 siswa pernah mengalami konflik interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dinamika psikologis siswa ketika menghadapi konflik interpersonal dengan pihak lawan yang ditinjau dari ketiga aspek dalam teori segitiga ABC konflik Galtung dan cara penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik studi kasus. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data yang hasilnya dijabarkan dalam bentuk deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa dari jumlah keseluruhan siswa kelas XII MM yaitu 177 siswa dengan masing-masing konflik yang berbeda konteks. Dengan berbedanya konteks permasalahan, siswa yang mengalami konflik tersebut memiliki sikap dan perilaku yang berbeda-beda dalam menghadapi konflik. Sesuai dengan teori segitiga ABC konflik Galtung yang terdapat tiga aspek yaitu kontradiksi, sikap, dan perilaku menimbulkan pengaruh siswa terhadap cara penyelesaian konflik interpersonal yang dialaminya. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “Setiap siswa memiliki gambaran dinamika psikologis yang berbeda-beda ketika menghadapi konflik. Selain itu, dari dinamika psikologis tersebut menimbulkan pengaruh terhadap cara siswa dalam menyelesaikan konflik yang dialami”.
Kata Kunci: dinamika psikologis, teori segitiga ABC konflik Galtung, cara penyelesaian konflik interpersonal.
Downloads

