TEKNIK RATIONAL EMOTIVE IMAGERY UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP DALAM MENGIKUTI PERTANDINGAN
Abstract
Kepercayaan diri adalah keyakinan individu terhadap kapasitas yang dimilikinya untuk menghadapi berbagai situasi. Rendahnya kepercayaan diri dapat menyebabkan siswa merasa cemas, ragu, bahkan menarik diri dari kesempatan untuk tampil maksimal. Hal ini menyebabkan siswa tidak mau mengikuti pertandingan, enggan berlatih, serta ragu terhadap kemampuan diri sendiri. Penelitian ini berupaya memverifikasi keefektifan teknik Rational Emotive Imagery (REI) sebagai katalis peningkatan kepercayaan diri siswa. Rancangan kuantitatif yang diaplikasikan adalah one-group pre-test post-test. Subjek penelitian difokuskan pada dua siswa yang teridentifikasi memiliki skor keyakinan diri terendah, sebagaimana ditetapkan oleh hasil pengukuran pre-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor kepercayaan diri yang signifikan setelah diberikan perlakuan, yaitu KSS meningkat dari 64 menjadi 122 dan MWM dari 84 menjadi 127. Dengan demikian, teknik Rational Emotive Imagery efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui pembentukan emosi yang sehat dan pola pikir rasional.
Downloads
Abstract views: 1
,
PDF Downloads: 1