PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TOPIK TUGAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP DAMPAK KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KASIMAN BOJONEGORO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui bimbingan kelompok dengan topik tugas dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap kenakalan remaja pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasiman Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa one-group pre-test dan post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara serta angket untuk mengukur kenakalan remaja.
Subyek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasiman Bojonegoro yang teridentifikasi memiliki skor pemahaman terhadap kenakalan remaja rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu sign-test (ujitanda). Hasil perhitungan pada tabel test binomial dengan N = 8 dan X = 0 diperoleh ρ = 0,04. Jika α = 5% (0,05) maka 0,04 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa hipotesis statistic yang berbunyi bimbingan kelompok dengan topic tugas dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap kenakalan remaja pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasiman Bojonegoro.
Dengan demikian dari hasil analisis uji tanda tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “bimbingan kelompok dengan topik tugas untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kenakalan remaja pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasiman Bojonegoro” diterima.
Kata kunci : Bimbingan kelompok dengan topik tugas, kenakalan remaja.
Downloads
Abstract views: 52
,
PDF Downloads: 642