PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN “SIAPA DI SAMPINGKU” DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII-E SMP ISLAM NGORO JOMBANG

  • DHEA DEVIA RATNA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik permainan “siapa di sampingku” dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII-E SMP Islam Ngoro,Jombang.

Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experimentberupa  Pre-test dan Post-test One-Group Desaign. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII-E SMP Islam Ngoro,Jombang yang memiliki kemampuan penyesuaian diri rendah. Metode pengumpukan data  yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban yang terdiri dari selalu, sering, kadang-kadang dan tidak pernah.

Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda wilcoxon. Setelah di lakukan analisis dengan menggunakan uji jenjang, menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor kemampuan penyesuaian diri  siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil uji wilcoxon di ketahui bahwa nilai kritis T untuk uji jenjang Wilcoxon dengan taraf signifikan 5 % dan N = 6   diperoleh Ttabel = 1 sehingga Thitung lebih kecil Ttabel (0 < 1) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat di simpulkan bahwa penerapan teknik permainan “siapa di sampingku”  dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas VII-E  SMP Islam Ngoro Jombang.

 

Kata Kunci  :Bimbingan Kelompok Teknik Permainan “Siapa DiSampingku” , Kemampuan penyesuaian diri

 

Published
2014-05-23
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 94