PENERAPAN STRATEGI ASSERTIVE TRAINING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU KONFORMITAS PADA TEMAN SEBAYA KELAS XI IPS 4 SMAN 3 LAMONGAN

  • ANY PRASTIWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan strategi assertive training untuk mereduksi perilaku konformitas siswa di SMA Negeri 3 Lamongan. Subyek penelitian diambil dari siswa kelas XI IPS 4, karena diharapkan mampu mengurangi perilaku konformitas siswa untuk lebih tegas dan mampu mengungkapkan perilaku yang sesuai dengan isi hatinya tanpa mengikuti orang lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimenttal designe dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 6 siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 3 Lamongan yang memiliki perilaku konformitas tinggi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki perilaku konformitas tinggi yakni dengan menggunakan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda negatif (-) berjumlah 6. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 6, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat table tes binomial dengan ketentuan N = 6 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,016. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,016 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan  diterima. Hal ini menunjukkan bahwa Ada perbedaan skor perilaku konformitas kelas XI IPS 4  SMAN 3 Lamongan antara sebelum dan sesudah diterapkan strategi Assertive Training

 

Kata Kunci: Penerapan Strategi Assertive Training, Perilaku Konformitas.

Published
2014-06-24
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 689