PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS X TKJ-1 (TEKNIK KOMPUTER JARINGAN 1) SMK RADEN RAHMAT MOJOSARI MOJOKERTO

  • NILAWATUL KHOTIM

Abstract

     Dari hasil observasi yang dilakukan di SMK Raden Rahmat Mojosari Mojokerto, ditemukan bahwa banyak siswa yang mengalami perilaku prososial rendah, maka dari itu diberikanlah bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui keefektifan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku prososial siswa kelas X TKJ-1 di SMK Raden Rahmat Mojosari Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperiment design dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 8 siswa kelas X TKJ-1 SMK Raden Rahmat Mojosari Mojokerto yang memiliki perilaku prososial rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki perilaku prososial rendah yakni dengan menggunakan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 8. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 8, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat tabel tes binomial dengan ketentuan N = 8 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,004. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pre-test dan post-test. Berdasarkan perhitungan diketahui hasil mean pre-test 131 dan mean post-test 168,875 maka dapat disimpulkan bahwa pemberian bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan perilaku prososial siswa. Rekomendasi yang diberikan adalah dalam upaya meningkatkan perilaku prososial siswa tidak hanya dengan teknik sosiodrama saja, melainkan dapat menggunakan teknik diskusi kelompok, homeroom dll.

Kata Kunci: bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, perilaku prososial

Published
2014-06-24
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 143