PENERAPAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI IPS 5 SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO

  • YOANDA PUTRI NOVIANTI

Abstract

Dari hasil observasi yang dilakukan di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, ditemukan bahwa banyak siswa yang mengalami perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi, maka dari itu diberikanlah teknik self control. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan konseling individu melalui teknik self control untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI IPS 5 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan subyek tunggal dengan jumlah subyek tiga orang. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Design dengan menggunakan desain A-B. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi yaitu menganalisis perubahan data dalam satu kondisi yaitu dalam kondisi Baseline atau kondisi intervensi. Berdasarkan hasil level stabilitas subyek H pada fase baseline (A) dari 83% menjadi 25% pada fase intervensi (B), subyek A pada fase baseline (A) dari 83% menjadi 25% pada fase intervensi (B), dan subyek D pada fase baseline (A) dari 83% menjadi 16% pada fase intervensi (B), level perubahannya menunjukkan pada subyek H membaik (+), pada subyek A membaik (+), dan pada subyek D membaik (+). Maka dengan begitu diketahui bahwa adanya perubahan skor perilaku prokrastinasi akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling individu melalui teknik self-control

Kata Kunci: teknik self control, prokrastinasi akademik

Published
2014-06-26
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 251