PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN SEBAYA MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ASERTIF KORBAN DALAM MENGHADAPI PERILAKU BULLYING DI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNESA

  • ERVIN NURUL AFFRIDA

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Fakultas Ilmu Sosial Unesa, pengembang menyimpulkan adanya gejala perilaku pada korban bullying yang memiliki kecenderungan menjadi pelaku bullying. hal ini disebabkan rendahnya sikap asertif (tidak mampu mengungkapkan keinginan dan perasaannya) terhadap pelaku bullying sehingga korban cenderung bersikap agresif dan melakukan bullying pada situasi dan subyek yang berbeda. Selain itu tidak ditemukan adanya media yang secara khusus dikembangkan dalam bidang pribadi-sosial, yaitu sikap asertif dalam menghadapi perilaku bullying mahasiswa. Dalam penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan seperangkat paket Bimbingan Sebaya Mahasiswa, kemudian mengetahui akseptabilitas produk berdasarkan aspek kegunaan, kemudahan, ketepatan, dan kepatutan, serta untuk mengetahui kemampuan paket untuk meningkatkan sikap asertif korban dalam menghadapi perilaku bullying di Fakultas Ilmu Sosial Unesa. Produk yang dihasilkan terdiri dari dua penggalan, yaitu paket penggalan I untuk pembimbing sebaya, dan paket penggalan II untuk mahasiswa yang teridentifikasi sebagai korban bullying. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983) yang telah diadaptasi.

                Hasil analisis akseptabilitas produk pada aspek kegunaan paket penggalan I mencapai 88,92%, aspek kemudahan mencapai 85,25%, aspek ketepatan mencapai, 88,85%, aspek kepatutan mencapai 88,5%. Sedangkan aspek kegunaan paket penggalan II mencapai 90,23%, aspek kemudahan mencapai 88,43%, aspek ketepatan mencapai 90,18%, aspek kepatutan mencapai 80%. Hasil analisis kemampuan/efektifitas produk dilihat dari hasil ubahan skor pre test dan post test dilihat dari tabel tes binomial dengan ketentuan N=8 dan x=0 (z), maka diperoleh ρ (kemungkinan harga di bawah Ho) = 0,004 dengan taraf ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,004 < 0,05. Rata-rata pre test sebesar 90,75 dan rata-rata post test sebesar 119,375. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa paket Bimbingan Sebaya Mahasiswa telah memenuhi kriteria akseptabilitas dan efektifitas produk yang meliputi aspek kegunaan, kemudahan, ketepatan dan kepatutan dan dapat meningkatkan sikap asertif korban dalam menghadapi perilaku bullying di Fakultas Ilmu Sosial Unesa.

 Kata kunci: bimbingan sebaya mahasiswa, perilaku bullying, sikap asertif korban dalam menghadapi perilaku bullying

Published
2014-06-27
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 35